top of page

Dive

Laugh

Repeat

Cocok sekali dengan aktifitas kita di Togian. Sehari-hari kita selalu 'melaut' seperti makan obat, 3x sehari..

Taman Nasional Kepulauan Togean ini terdiri dari 56 pulau-pulau kecil dan besar. Terletak di Teluk Tomini yang besar membuat perjalanan kita kemarin tenang tanpa ombak dan arus..

Saturday, 30 April 2016 --- 4 o'clock in the morning

Berawal dari pagi-pagi buta, gue dan noha ketemuan di Terminal 1 Soekarno Hatta untuk mengejar pesawat Lion Air tujuan Luwuk dengan transit Makassar.

Banyak cara menuju Togian ini, Bisa dari Ampana atau pun Gorontalo. Untuk ke Ampana bisa via Poso, Palu atau Luwuk.

Jam 3 Pagi gue dan noha udah berangkat dari rumah masing masing, menuju bandara dan ketemuan di bandara, untungnya pesawat Lion Air kita on time memang jam 4 pagi take off.

Singkat cerita, sampai lah kita di Makassar untuk transit selama 45 menit, lalu langsung tancap menuju luwuk dengan pesawat kecil Wings Air selama 45 Menit juga.

Team kita kali ini adalah gabungan dari teman dan kerabat kerja, Gue dan Noha dari Jakarta, Arek temen SMA gue dari Surabaya. Sisanya temen kantor Arek 3 orang yang berangkat dari Makassar ke Ampana melalui Poso.

Memang dari poso ke ampana lewat jalur darat merupakan rute tersingkat, hanya sekitar 3 jam. Berbeda dengan jika lewat Gorontalo, dari kota langsung ke pelabuhan dan naik Ferry ke Wakai (salah satu kota di kep. togean) Selama 12-13 Jam, Jalur Gorontalo merupakan yang termudah karena tidak harus naik travel untuk jalur daratnya. Next time kita coba lewat Gorontalo.

Beach on Airport !

Anyway, Sampai lah gue dan Noha di Luwuk Banggai. Sambil nungguin arek yang juga lewat Banggai bersama-sama, kita berdua nongkrong di kantin bandara.

Nyatanya, Bandara kita tepat bersebelahan dengan pantai berpasir putih. Gilee ga usah jauh jauh turun pesawat bisa langsung berenang.. Asik banget emang pantai nya sepi tidak ada orang , padahal dipinggir jalan.

Kurang lebih jam setengah 12 si arek sampai ke Luwuk. Kita udah book charteran mobil ke Pak Ajut seharga 750rb, sharing cost. Sebenernya bisa juga naik travel umum dan bisa lebih murah, tetapi karena kita niat sampe secepet mungkin dan akan mampir2, berenti2 dijalan makanya kita charter. Charter mobil Pak Ajut ini perlu di tawar dan kadang suka naikin harga semau maunya jadi dari pertama harus jelas deal nya berapa untuk kemana. Trus kita singgah di warung kecil untuk makan siang, lalu tancap menuju Ampana.

Rute Luwuk-Ampana sering terjadi longsor dan masih ada perbaikan jalan. Jadi jalan lintas masih tertutup dari jam 2 siang sampai jam 5 sore. Akhirnya kita memutuskan mampir dulu ke Air Terjun Salodik.

Salodik Waterfall

Pas sampe sana langit mendung dan ujan, Airnya hijau bagus banget. 15 menit kemudian airnya berubah jadi cokelat, ternyata di gunung sudah turun hujan lebat jadi lah banjir bandang. Padahal udah mau berenang tapi untung ga sempet berenang kalo ga udah hanyut. haha.

Kita sampe diselametin sama 'ranger' sana gegara ga bisa balik karena derasnya sungai yang licin dan dalam. anaknya nyusahin haha. tapi alhamdulillah selamet.

Sekitar jam 03:30 kita melanjutkan perjalanan menuju Ampana, Sepanjang 4 Jam perjalanan kita menyusuri pantai yang keren banget, jadi kita sering sering berenti di pinggir jalan untuk foto pantai dan sunset.

Kira-kira jam 8 malem kita sampe disuatu rumah makan, berenti untuk makan malem, 30ribuan dapet 1 porsi ikan nasi plus kuah asem yg super seger dan enak.

Jam 10 malem kita sampe di Marina Cottage di Ampana yang sudah di book sama Mas Rafik temen si arek.

Disanalah baru kita ketemu full team. Kita total ber 6 : Gue, Noha, Arek, Mas rafik, Eto dan Mbak Anna. Siap- siap istirahat dari perjalanan panjang karena besok pagi jam 7 kita berangkat ke una-una... Can't wait....

Sunday, 1 May 2016 --- Super exciting

Memang Hari pertama menanti nanti kepergian ke pulau una-una itu luar biasa semangat. Motivasi untuk membasahi insang kembali menggebu-gebu *halah* haha.. Tapi memang cocok dengan slogan ini:

Live each day as though tomorrow you might dive

perlu nih motivasi hidup yang kayak gini..

Pagi-pagi udah banyak yang berendem di laut depan cottage yang didasari oleh batu krikil. Bening banget airnya dan anget banget.

Setelah menunggu sarapan yang sangat on-time (jam 7 teng baru ada, padahal kita maunya sarapan jam 5 haha) kita langsung cus ke una una. Dari jam 6 lewat Pak udin sang kapten kapal carteran kita udah dateng jadi kita mulai angsur-angsur taro barang di kapal doi. Kapalnya cukup ramping tapi lumayan luas kok, termasuk kapal yang terbesar diantara kapal-kapal carteran lainnya.

Setelah sarapan kami langsung checkout dan berangkat. Selama perjalanan laut sangat lah tenang tidak ada angin, tidak ada ombak seperti naik kapal di danau.haha manteep.

Perjalanan kurang lebih 3 jam kita tidur2an sambil foto foto melewati pulau-pulau kecil dan karang-karang yang membentuk pulau dipermukaan.

kurang lebih jam 10 pagi, kita sampai di pulau una-una yang ternyata cukup besar pulaunya dan terdapat gunung vulkanik ditengahnya. Tidak ada yang tahu letak tepat una-una sanctum resort kami, jadi kita kelilingin dengan kira kira kayaknya di utara timur deh resort nya.

Welcome to UnaUna Island

Una-una sanctum adalah satu satunya dive resort yang ada di pulau una-una. Dive resort lain berada di Pulau Kadidiri seperti black marlin, kadidiri paradise dan Lestari. Una-una ini terkenal dengan dive spot yang banyak dan beragam serta schooling ikan-ikan besar. Dive spot nya hanya terletak 1-5 menit dari resort. deket banget. haha

Sampe di resort semua instructor dan pegawai una-una sanctum langsung berdatangan mengucapkan selamat datang. lucu sih jadinya langsung kenalan on the spot gitu..

kita udah book ke mas Andri salah satu pemilik resort untuk paket nginep 2 malem kedepan plus 5x dive plus discount.

Kamar nya ada 2 jenis standard dan deluxe, bedanya 60 ribu, kamar standard lebih kecil dan kamar mandi diluar (shared), kalo deluxe kamar nya jauh lebih besar dan punya kamar mandi sendiri. Karena sisa 1 deluxe jadi Noha dan mbak anna masuk ke deluxe dan kita ber 4 dapet 2 kamar standard.

Pulau ini memang banyak sekali nyamuk karena memang masih hutan-hutan jadi nyamuk dan laba-laba super gede serta serangga-serangga lain menjadi kawan di kamar. Untungnya semua kamar diselamatkan oleh kasur yang menggunakan kelambu.

Hari ini rencana kita dive 1x abis makan siang. O iya, sistem resort & penginapan di kepulauan togean ini bayarnya per orang bukan per kamar. Jadi bayar per orang sudah termasuk makan 3 x sehari disediakan dan teh kopi yang bisa dibuat sendiri anytime.

Di kep. togean ini ga ada sinyal sama sekali bagi pemilik telkomsel ataupun kartu halo. Untuk Indosat kadang malem hari ada sinyal GSM ya. So, no internet for whole week.

Resort ini tempatnya asik banget banyak spot untuk santai duduk sambil melihat ke laut lepas tanpa ombak ini. Spot favorite ada di bibir pantai, disitu ada semacam panggung buat santai santai ngobrol dan ngeteh. pokoknya asik banget deh.

Prepare for 1st dive at Greta's Place

Sehabis makan siang, kita langsung siap siap untuk dive pertama di hari ini, Instructor kita Nick dari Inggris, terus bilang kalo orang indonesia ini beruntung karena negaranya penuh spot diving, sementara dia harus pergi membelah dunia buat nemuin spot diving. hahaha..

Satu lagi yang ikut dive sama kita adalah Lucas yang sangat mirip Gerard Butler made in Italy. si Lucas lagi ambil course+intern buat divemaster jadi dia sekalian belajar nge-guide kita bareng sama si Nick.

Diving disini udah termasuk sewa equipment, cukup menyenangkan hati bagi kita yang cuma bawa masker aja. Spot pertama kita Greta's Place. Oh ya, Spot-spot diving di una-una paling jauh itu 45 menit naik boat, Apollo dan Artemis. Sisanya 1 menit dari resort, ada yg 2 menit, 1.5 menit. haha hepi bangeet deket deket semua..

Visibility rata-rata 20+ meter super cleaaarrrr.

Sorenya kita duduk di balai tempat nongkrong yang paling asyik sambil menunggu sunset. Tapi si unauna Sanctum ini ngadepnya ke timur jadi bukan spot sunset tapi sunrise. Kongkow-kongkow sampe malem kita makan malem lalu tidur karena hari ini lumayan melelahkan..

Monday, 2 May 2016 --- Still in Lost Paradise

Pagi ini seger banget soalnya tadi malem ujan lebat sampe jam 6 pagi jadi super adem walaupun jam 12 malem sampe pagi listrik mati jadi Kipas angin pun mati. Tapi jadinya ga bisa ngejar sunrise deh.. Pagi ini kita cepet-cepet sarapan karena ga sabar makan obat yang 3x sehari (diving).haha.

Pagi ini kita dive di pinnacle I , 1.5 menit dari resort. penting ya ada 0.5 menit nya gitu.haha. kita briefing dulu di dive center. Seperti biasa Visibility nya gila gilaan, visibility clear, ada juga beberapa karang karang mati di dasar.

Rata-rata temperature air disini 30-31 Celcius jadi emang hangat banget airnya ga perlu pake wetsuit tebel-tebel.

Dive 2 kita ke spot yang namanya JAM, karena katanya ikannya kayak traffic Jam, Disini lah tempat Schooling Baracuda yang 95% pasti ada disana entah ngapain.

Pengalaman pertama juga nih liat schooling barracuda yang kayak tornado, ternyata emang bener puluhan barracuda membentuk schooling tornado di kedalam kurang lebih 16m. Karangnya agak kurang warna-warni disini tapi memang spot daerah una-una terkenal dengan schooling ikan kecil dan besar yang banyaak banget.

Selesai Dive 2 kurang lebih jam setengah 12, pas makan siang . abis makan siang kita tidur2an lagi sambil nunggu surface time di hammock tengah laut. sambil ngeteh ngeteh2 asik.

Spot 3 ini namanya Pinnacle II menurut gw ini keren spot nya. Berupa Pinnacle, pinnacle adalah coral build up membentuk bukit ditengah laut. Spot yang ini kita keliling pinnacle ada yang sisi slope miring, dan ada sisi wall.

Menurut gw Spot ini bagus banget karangnya full apalagi disisi wall. woow deh pokoknya, disini juga kita ketemu Ikan Napoleon yang segede meja tapi agak jauh jadi gak ke foto.

Memang Dive 3x sehari tuh capeknya poll sih. Abis diving ga langsung mandi, tapi santai dulu di tempat paling cozy se pulau sambil ngeliatin sunset. Walaupun bukan sunset point tapi orange nya tetep cakep kalo diliat sambil ngeteh dan makan kue..

Setelah itu kita beres beres alat, mandi lalu sambil foto foto menunggu makan malem. Mulai angsur-angsur packing karena besok harus pindah . hiks.

Hari ini berkat kamar gue dan arek berada di belakang dan pedalaman hutan jadi lah dikamar gue ini banyak makhluk mengerikan menjadi teman tidur ku salah satu nya laba-laba di bawah ini. Gue paling takut sama laba-laba tapi kalo udah segede gini ngusirnya pun gue takut jadi ya udah lah terima aja nasip.

Tuesday, 3 May 2016 --- Let's Explore another island in Togian

Pagi ini ujan berenti jam 5 pagi, Cocok banget gue sama arek langsung keluar buat foto sunrise dan hasilnya memang wow. Spot disini memang spot sunrise tapi herannya cuma kita yang bangun, mungkin karena orang-orang yang nginep disini udah terlalu lama nginep, rata rata 2 minggu atau sebulan haha.

Hari ini adalah dive terakhir kami di Una-una sanctum, jadi kita milih spot yang agak jauh dan tentunya yang paling rame ikannya, Hongkong!.. Kenapa hongkong karena memang rame ikannya kayak di hongkong. don't forget to bring your passport, Lucas selalu ingetin bawa passport daaaaan yang akhirnya dia malah ketinggalan Mask dan Fin!! hahahaha, jadi dia jaga kapal aja..

Spot Hongkong ini lucu sih jadi awalnya di 3 meter gundukan pasir gitu terus berenang agak jauh sekitar 5 menit cuma pasir baru deh ketemu deh coral coral dan emang banyaak banget schooling ikan-ikan kecilnya. warbiyasa..

Setelah selesai, kapal Pak udin pun udah nungguin kita di dermaga una-una sanctum, kita langsung packing siap siap karena kita akan island hoping abis ini.. Mager banget sih sebenernya buat ninggalin pulau una-una ini , kurang lama rasanya hahaha.

Stingless Jellyfish Lake, Kadidiri, and Karina's Beach

Jam 12 siang kita sampai untuk check in di Kadidiri Paradise. Tempatnya menarik dan lebih terorganisir mungkin karena memang resort ini emang udah cukup lama berdiri. Ternyata yang punya masih saudara sama yang punya Una-una Sanctum.

Setelah check in dan makan siang kita langsung berangkat ke spot pertama, stingless jellyfish lake. Ternyata si ubur-ubur tanpa sengat itu memang ada di banyak tempat. Sekarang ini yang gue tau ada di Kakaban (derawan), Papua, Togean, dan Philipine.

Danau ini terpisah sama laut hanya dengan batu karang tipis gitu aja jadi bener bener dipinggir laut banget danaunya.

Oh ya kalo ke jellyfish lake jangan pake fin ya, jangan juga pake lotion atau sunblock karena mereka sangat sensitif . jangan juga di angkat-angkat dan di sentuh-sentuh ubur-uburnya. kasihan.

Pas nyebur, airnya terlalu hangat , 31-32 celcius aja. Terlalu hangat bagi kami yang siang-siang terik ini pengen berendem dan ngadem di air.

Abis dari Jellyfish lake kita beranjak ke pantai indah pasir putih Karina's Beach. Entah kenapa disebut karina's beach yang pasti mungkin si Karina yang menemukan pertama kali.

Terus kita mampir juga ke pantai yang isinya pohon bakau, tapi sayang jembatannya putus jadi kita gak lama disana. Kita langsung tancap balik ke Kadidiri paradise untuk mengejar sunset.

Malem nya kita makan malam bersenda gurau dan janjian buat besok diving 2x buat si arek dan genk karena mereka langsung pulang. dan 3x untuk gue dan noha karena kita anaknya ga mau pulang pulang. hahaha.

Di kadidiri paradise ini di balai-balai tempat nongkrong nya di taro springbed ! jadi enak banget bisa tidur2an diluar liatin bintang. cihuy.

Wednesday, 4 May 2016 --- Diving Kadidiri

Pagi ini kita berencana diving sama instructor kita yang super kocak dan gila si Mika Legembre. Dive yang pertama kita di Coral Garden. Spot snorkeling yang bagus banget.

Kita main di 5-meteran jadi matahari pun masih masuk dengan indahnya. Coral nya warna warni banget. sangat bagus spot nya, paling hepi sih spot nya ini bagi gue. Noha kerjanya ngejar ngejar ikan ikan clownfish tak berdaya yang sampe lari dari rumahnya. mungkin akhirnya nyasar tuh ikan berkat noha. haha .

Menurut gw pribadi malah enakan diving di spot kadidiri ini dibanding una-una. Di una-una memang serunya ikannya banyaak banget schooling ikan ikan gede barracuda, napoleon, bumphead dll. Kalo dikadidiri karangnya rapet dan lebih enak aja liatnya. hahah.

abis spot pertama yang cuma 5 meteran ini kita langsung menuju spot kedua ya itu Heaven. Ada 2 spot bersebelahan Heaven dan Eden. jadi kita start di Heaven dan ending di Eden. Luar biasa spot nya disini sangat sangat indah. Wall nya keren memang ikannya beragam banget.

Setelah selesai di spot kedua, kita balik ke penginapan karena arek n genk harus checkout. sementara gw sama noha cuma santai santai aja tidur2an di kasur yang ada di dermaga.hhaha. Arek n Genk balik ke ampana naik kapal carteran pak Udin lalu lanjut naik mobil via poso dan naik pesawat dari sana esoknya.

Gue dan noha lanjut buat dive ke 3 di Taipi Wall kira kira jam 2 siang. asik dive terakhir ini kita cuma bertiga jadi ga terlalu ribet di air, slow but sure. hehe

Taipi wall is the best !!. wall yang punya banyak sekali overhang yang penuh dengan ikan-ikan kecil. Di spot ini noha baru memperlihatkan dan membuktikan insangnya. disaat gue dan mika sisa tank nya 50 bar, noha masih ada 120 bar. haha.. overall very goooood dive site at Taipi Wall.

Balik ke Resort kita mandi rapih rapih karena ga akan main air lagi (hiks), kita menghabiskan hari dengan baca buku tidur2an di balai lalu makan malem. Tidak lupa habis makan kita ngopi foto foto hasil dari kamera si Mika yang hasilnya superb!

Thursday, 5 May 2016 --- See ya Togian Islands

Kita udah nanya ke mbak una buat hari ini balik. Ternyata kapal Puspita Sari berangkat dari Wakai jam 10 pagi. jadi kita kurang lebih jam 8an dianter dari kadidiri pake boat nya kadidiri paradise, free of charge, ke Wakai.

Wakai adalah pusat kota nya togean. Jadi kapal-kapal ferry besar dan kecil berlabuh di wakai sebagai base nya, termasuk kapal ferry besar yang akan menuju ke Gorontalo. Di Wakai gue dan noha sempet turun dulu ke perkampungannya, beli-beli aqua dan kue soalnya nanti perjalanan di Ferry 4 jam. Bisa juga menggunakan boat hercules yang hanya sejam dengan biaya 150rb, tapi pada hari itu hercules sedang di book sama orang.

4 Jam lumayan berasa kita duduk di deck mendengarkan pembicaraan dan curhatan-curhatan orang yang ada-ada aja. Noha sibuk diajak selfi sama warga lokal sementara gue baca buku dan tidur.

jam 2 siang kita sampai di Ampana kembali, udah janjian lagi sama anak buah Pak Ajut buat berangkat ke luwuk.

Perjalanan dengan rute yang sama tapi nuansa berbeda karena kita jadi dapet sunset dipinggir jalan. Cakep.

Sampe Luwuk kita cari-cari hotel akhirnya ketemu Hotel Grand Hadser (Hotel Wisata) , yang lumayan murah bersih dan luas kamarnya serta plus AC. abis check in kurang lebih jam 8 malem lah kita sampe di Luwuk, kita jalan kaki keluar cari makan apa yang bisa dimakan yang khas. kurang lebih setengah jam lebih lah jalan kaki entah kemana, tiba tiba kita ketemu tempat makan yang view nya top abiss.. tempat makannya warung gerobak banyak gitu. Menu nya nasi goreng, pisang epe dll, tapi view nya emang kereennn. Akhirnya nongkrong disitu menyamar jadi muda-mudi kota luwuk. haha. jam 10 gue dan noha balik ke hotel lalu bobo.

Friday, 6 May 2016 --- Welcome Home

Jam 7 pagi kamar kami di gedor udah kayak ada maling, ternyata orang hotel bawain sarapan jam 7 pagi dan harus diambil. jadi kita Wajib sarapan jam 7 pagi! Gak boleh nggak! hahaha kocak sih baru sekali gw dipaksa sarapan kayak gini.

anywaay, kita siap siap chekout dan pengen ke bandara naik angkutan umum, soalnya kalo naik travel 1 orang 50rebu. Eh karena kita pake backpack heboh jadi lah harga selalu dinaikkan ke 50rebu walaupun naik angkutan umum. Untungnya ada supir2 truk besar yang ngasih tau kami bahwa kemahalan harga segitu jangan mau. akhirnya kami berhasil naik ojek 20ribu. lumayan.

Sesampainya di Bandara kami langsung titip barang ke orang airport dan langsung duduk asik di sebrang bandara yang lautnya pasir putih bagus banget sambil makan popmi dan teh panas haha.. Selesailah liburan kita bulan ini, sedih rasanya memang. Setelah dipikir minimal ke togean itu waktunya 9 hari, 2 hari di perjalanan pulang pergi. 7 hari bersih di togean.

Anyway berikut foto-foto dan info untuk perjalanan ke Togian, lengkap dengan Cost yang gue keluarkan selama disana.