top of page

TakaBoneRate Expedition

Beautiful things don't ask for attention..

Takabonerate, National park that has the third bigest Atoll in the World. Takabonerate berasal dari bahasa Makassar. Taka berarti Karang, Bone berarti Pasir dan Rate berarti diatas. So, Takabonerate = Karang diatas pasir. simple.

9 October 2015

Trip kali ini kita mix antara pergi dan atur sendiri dan ikut join open trip dari temennya si Rio. Meeting point kita sabtu pagi di airport makassar. Gue dari jakarta bersama Ian kita naik Sriwijaya jam 10 malem sementara si Miska dan Rio dari Balikpapan langsung ke Makassar pesawat sore. Miska dan Rio pulang kerja langsung ga pake mampir jakarta ke Makassar. Bolang asli.

10 October 2015

Transit...

Jam 02:30 dini hari kita sampai di airport Makassar. Si miska dan Rio udah ngambil kamar di Ibis transit di dalem airport. 1 Kamar aja kita rame rame, ditambah barang barang bawaan yang gak masuk akal semua masuk ke dalem kamar. gapapa deh udah sukur dapet kamar. Hotelnya memang bener bener hotel transit. WC kecil ga pake kunci atasnya nyambung langsung ke kamar, futuristik deh macem di jepang (padahal belom pernah ke jepang) haha..

Sarapan kita cari gratisan, 2 orang dapet dari hotel, 2 orang lagi dapet dari gratisan kartu halo lounge di dalem terminal. lumayan. O ya kita ngejar pesawat Wings air jam 08:30 pagi tujuan Selayar. Setiba di Selayar si Rio bilang kayaknya dia denger tadi pilotnya temennya deh anak ITB penerbangan dan ternyata bener jadilah kita foto foto dulu haha.

Rio udah janjian sama Bang Acca, dive master yang megang di selayar. Orang nya kocak bang Acca ini luar biasa deh pokoknya ga perlu diragukan. Kita sampe jam 10 Pagi di Selayar kita diajak mampir ke Gong Nekara. Gong ini adalah gong terbesar di Asia Tenggara dan bahkan tertua di dunia. Selesai foto foto, kita langsung tantjap makan siang di kawasan selayar. Makan siang kali ini kita makan yang khas Selayar, Nasi Santan pake ikan pastinya. Sebenernya Nasi santan ini kayak nasi uduk tapi lebih berasa santan deh sesuai namanya. haha..

Another Earth Hole in Selayar

Setelah Kekenyangan lalu kita mengantuk dan tidur berjamaah. haha . nggak deng. Kita menuju Goa Tajuiyah. Goa ini terdapat di Desa Bungaya. Di dasar goa terdapat mata air yang di pompa warga sekitar untuk kebutuhan airnya. Airnya dingin dan tawar. Kono kata penduduk daerah sekitar , dasar goa ini tembus ke laut.

Magical place.

That's the first word to describe this place.

Diameternya sekitar 200m dengan kedalaman sekitar 20 meter, goa ini didasari tanah sehingga pohon-pohon pun tumbuh dengan sehatnya. Diatas goa ini ratusan kalong bertengger asik bobo ciang.

The Weather...

Cuaca di Selayar masih terpengaruh dengan angin timur yang harusnya sudah mulai reda. Akan tetapi pada tanggal kita sampai angin masih kencang sehingga pantai timur selayar Ombak tinggi. Padahal Pantai timur selayar jauh lebih indah underwaternya dibanding pantai barat. Karena cuaca berkata lain kami pun ikut peraturan demi menjunjung tinggi safety. caelah. haha.

Setelah dari Goa Tajuiyah, kami pergi ke 2 buah pantai yang unik. Pantai pertama saya lupa namanya tapi pantai ini penuh dengan sampah. Kok bisa sih penuh sampah??? Jelek dong?? Ya memang kalo lagi angin timur seperti ini sampah sampah dari Wakatobi, Komodo terbawa arus dan mendarat di sebuah pantai di Selayar. Tapii, sampah sampah ini bawa untung besar lho buat penduduk lokal terutama diver. Gak tanggung-tanggung, Bang Acca beberapa bulan lalu ketemu Canon G12+Housing, 2 biji Gopro dan DiveComp Suunto. Semua itu masih berfungsi dengan baik, setelah dilihat isinya ternyata camera tersebut punya orang bule dari wakatobi.

Memang penuh banget barang barang di pantai ini, saya pas kesana aja ketemu berbagai jenis sepatu, dari sepatu tentara, sepatu futsal, sepatu boat cewe yang buat musim dingin, sepatu anak anak, sepatu sendal dan lain lain. Kalo kayak sendal jepit mah ga usah ditanya, ada ratusan. haha. Pantai nya bagus banget padahal, airnya biru tosca jernih banget. Cuma sayang karena sisi timur jadi ombak lagi besar.

Pantai satu lagi juga gak kalah bagusnya, termasuk salah satu spot diving dan snorkeling tapi karena cuaca tidak memungkinkan kita hanya foto-foto saja. Setelah Sore kita mampir ke rumah makan tempat sodara bang Acca, memang semua-muanya yang dikasih tau bang Acca ini gak pernah salah. Makanannya enak bener kita sambil makan kelapa muda. Abis dari itu kita cari penginapan daerah pinggir pantai jadi sekalian menikmati sunset.

Selayar Island Resort....

Resort yang awalnya dikelola jepang lalu diambil alih oleh pengusaha pribumi, kini kurang terurus, tapi masih menyisakan kemewahan nya di beberapa cottage. Berkat Bang Acca (lagi) kita dapet 1 kamar Super Deluxe yang gede banget dengan harga super murah. debeeeesss.. We love you Bang Acca.

Jadi kita berempat berada di 1 kamar lagi dengan extrabed dan kamar mandi super gede luar biasa, dan tak lupa cottage kita ini punya private beach sendiri. kereenn. Setelah menikmati sunset kita malem ini gak keluar karena simpen tenaga buat besok diving seharian. Resort ini punya menu juga untuk makan malem jadi malem ini kita makan pizza. Ngobrol-ngobrol main kartu kita pun terlelap tak sabar menanti hari esok.

11 October 2015

Day-1 Diving....

Pagi-pagi kita sudah pesan sarapan sekitar jam 06:00. Sarapannya standard sarapan Nasi Goreng, Mi Goreng atau Roti tinggal pilih. Hari ini kita berencana untuk 2x dive sehari, jadi pagi pagi kita udah ready, Camera sudah masuk housing. Peralatan sudah siap di gabung di 1 mesh bag. Kita cuma bawa peralatan snorkeling dan wetsuit aja, Ian bawa regulator juga sama modal kamera, sisanya kita minjem di Tinabo Dive Center. Bang Acca udah ngisi tabung beberapa dari Resort, sisanya kita ambil di Dive center juga, ternyata temen-temen dari Dive Center juga ada yang ikut, asik lah jadi rame-rame. Tak lupa kita pesan nasi bungkus dari rumah makan kesayangan kita semua, menunya hari ini telopr dadar dan udang goreng tepung, Mantaff..

Barat Lambongan Spot.

Setelah kita semua udah ready, kita meluncur 2 mobil menuju spot terdekat, spot ini ditemukan bang Acca, kita masuk dari perkampungan sekitar lalu naik kapal dari pesisirnya. Sekitar jam 11:00 kita sampai di spot. Spot ini terdiri dari steep slope dan wall. Dasar nya 20 meter pasir. Kita plan dive di 18 meter 40 menit. Visibility kurang bagus kurang lebih 9m. Disini kita udah ketemu banyak banget ikan-ikan karang kecil termasuk udang-udang, lion fish dan lain-lain.

Setelah Dive 1 Surface Time kita di kapal aja sambil menuju ke spot 2 tak lupa kita makan siang super hari ini.

Spot 2 masih di daerah Barat Lembongan disisi lainnya. Spot ini kurang lebih sama seperti spot pertama. Jam 14:00 kita turun di spot kedua ditambah sedikit arus karena mulai surut pukul 15:00

Setelah selesai dive 2, kita beberes, terus dikabarin bahwa kamar di SIR kebetulan hari ini ada gubernur dateng mau nginep di kamar kita. Ternyata kita dapet murah karena si Bang Acca kenal sama yang punya, nah sekarang kita di pindahkan sementara ke kamar deluxe aja, ga super deluxe. haha.. Lumayan deh namanya juga harga miring, bahkan ditawarin sama yang punya, nginep di kamar dia aja ga usah bayar. emang debes.. Akhirnya kita nginep di kamar deluxe jadinya.

Malem ini kita keluar sama bang Acca, mau ke sebuah Cafe Diver, di bilangan selayar. Tapi ternyata cafenya tutup jadi kita nongkrong bakan bakso dan jus aja deh di tempat lain. Hari ini capek banget gue jadi kita tidur cepet siap siap besok diving di deket Dive center.

12 October 2015

Pagi-pagi seperti biasa kita udah ready, tapi Bang Acca ketiduran karena begadang hehe. tapi gak masalah. Sekitar jam 08:00 kita mulai angkat2 tanki dari penginapan menuju Dive Center. Lokasi penyelamannya kita berangkat dari depan dive center ke tengah, jadi cukup deket tinggal angkut peralatan dari dive center ke pinggir jalan naik boat.

Bayangkara Spot.

Spot kali ini namanya Bayangkara spot. Setelah sampai ke spotnya kita langsung prepare dan nyebur. Hari ini kita cuma ber5 diving nya karena hari senen nih orang pada kerja. haha.

Spot ini ga terlalu dalem. max cuma 15m. tapi dibanding kemaren spot ini termasuk oke banget. Visibility lumayan 13meteran, Kita ketemu banyak banget ikan berbagai rupa termasuk banyak banget stingray yang masih ABG pada ngumpet di pasir, jadi hati hati ga bisa touching bottom.

Kita ketemu Crocodile fish, scorpion fish, puffer fish, sea rabbit dan lain lain. Hepi banget lah spot ini pokoknya. super..

Setelah beres, kita naik dan surface interval kita turun ke sebuah pulau kosong, sisi pasir putih yang keren, kita makan siang dan minum kelapa muda. Biasanya gue jarang suka banget kelapa muda tapi kelapa muda yang ini top abis. santai-santai berenang dipinggir pantai sambil nunggu 1 jam.

Liang Kareta Spot.

Spot kali ini kita di Liang Kareta, sebenernya besok kita kesini lagi sama trip nya temennya Rio si Iget. tapi gak dive. Seperti biasa Surut jam 16:00 membuat dive 2 ini rada butek dan berarus. Tapi spotnya juga keren macem-macem dari Penyu, Stonefish, lobster dan kawan kawannya ikut serta nongkrong disini.

Selesai dive hari ini, besok kita akan ketemuan ikut acara open trip nya iget kita akan ke beberapa pulau di kawasan takabonerate.

Malam ini kita balik lagi ke kamar Ex- Gubernur haha. dan malem ini kita mesen makan heboh di hotel kita segala macem deh sampe kekenyangan.

13 October 2015

Pagi ini kita nungguin trip nya iget ada 10 orang jadi kita total ber-14. Mereka dateng sekitar jam 10an, abis kenalan kita langsung bergegas ke Liangkareta. Spotnya keren banget pantai kosong, dipinggirnya ada goa goa gitu.

Cocok buat kemping, tapi kita gak kemping cuma hari ini kita santai-santai di pantai dan snorkeling. Pantai ini ngadep nya ke sisi barat jadi kalo kemping cocok banget nontonin sunset jatuh kelaut dan malem nya bisa stargazing.Fiuhh.. lain waktu deh. O iya, Special Thanks untuk foto yang diambil Ian pas gue lagi maen ayunan, super yahud.. haha..

Kira-kira jam 3 sore kita balik ke penginapan siap siap ke perkampungan tua bitombang. Ada apa sih di perkampungan ini?

"Highest" Village in Selayar

Perkampungan ini letaknya di bontoharu, merupakan perkampungan tertua di Selayar. Kampung ini memiliki arsitektur yang unik dikarenakan kondisi alam sekitar. Rumah disini berada di lereng gunung batu yang tidak terdapat tanah rata untuk membangun, jadi mereka menggunakan sistem rumah panggung yang kayu panggung nya pun tak sama rata panjangnya. Hal ini unik karena pada saat kita berjalan-jalan disekitar depan rumah nya , rumah tersebut letaknya bisa 15 meter diatas kita, sementara sisi belakang rumah ini menggunakan kayu sekitar 2 meter. ajaib.

Kita sunsetan di bitombang, lalu langsung menuju pasar pusat kuliner selayar. Disana kita makan malem dipinggir laut. Nasi santan, jagoan makanan selayar. Sampai di penginapan kita packing siap siap untuk perjalanan besok pagi menuju Pulau Jinato. Perjalanan sekitar 5-6 Jam kondisi normal.

14 October 2015

Jam 3:30 pagi kita udah set alarm bangun buat ke tempat penyebrangan menuju Jinato, 3 Mobil udah ready mengangkut kita ber 14. Kita sampai di pelabuhan sekitar jam 05:30, sarapan lalu siap siap minum antimo karena pengalaman yang sebelumnya bakalan parah nih ombaknya. Perjalanan kurang lebih 4.5 Jam dari pelabuhan menuju Pulau Jinato. Ternyata ombaknya masih oke jadi tapi berkat antimo gue tidur dari jalan sampe ke pulau hhaha. Oh ya kita punya temen satu lagi dive master yang megang daerah takabonerate dan sekitarnya namanya Om Ronald, jadi om Ronald dan om Acca akan berkolaborasi untuk membawa kita ke alam bawah laut.

Jinato Island

Kurang lebih jam setengah 11 kita sampai di pulau Jinato, Cukup besar pulau ini, terdapat Pos Taman Nasional Takabonerate disini jadi kita akan bermalam di sini. Sekeliling pulau banyak banget spot laut berwarna tosca jernih. mantap.. Kita makan siang di rumah Kepala desa Jinato, Rumah disini rata-rata rumah panggung modelnya dan terdapat sumur air tawarnya. Selesai makan kita ke Pos Taman Nasional untuk unpack barang-barang, terus siap siap untuk diving.

Sekitar jam 1:30 kita siap siap ke spot diving dan snorkeling yang namanya Jinato Wall Paradise. Sesuai namanya ini spot top banget. Wall yang dalemnya kurang lebih 35meter ini menyimpan berbagai ragam biota-biota mikro maupun yang besar seperti White tip shark.

Disini banyak ngeliat ikan-ikan kecil, mantis shrimp, teripang, lobster dan nudie branch. Surface interval kita di kapal lalu lanjut dive 2 masih di Jinato Wall Paradise tapi di sisi yang lainnya. Gak kalah seru kita ngeliat macem macem disini.

Hari yang melelahkan namun menyenangkan haha. Kita balik ke pulau Jinato, masing-masing pada numpang mandi di rumah warga. Gue nyari yang agak sepi rumahnya dan yang airnya paling tawar. haha. Setelah itu kita makan malem lagi di rumah pak kepala desa . Makanan mantap karena barusan ditangkep cumi ikan dan kawan-kawannya.

Kita balik buat prepare tempat tidur tiup yang udah di siapin supaya tidurnya asik. malam ini memang terjadi pertempuran Chapsa sengit sehingga terbagi dua kubu genk Pro dan Genk Newbie. haha .

15 October 2015

Jam setengah 5 gue udah bangun sekalian solat subuh, bermaksud untuk foto timelapse sunrise. eh tau taunya jam 5 itu udah terang lho ya udah lah akhirnya foto-foto biasa aja. Disini sunrise tepat didepan tempat kita nginep terus ada pohon-pohon kering gitu jadi bagus, pathable hahaha.

Pagi ini kita packing dan siap siap pindah pulau, setelah sarapan dan pamitan sama pak kepala desa, kita beranjak ke Pulau La-Tondu (macem bahasa prancis aja). Di pulau Latondu ini kita akan nginep di sebuah pos taman nasional juga dengan ranjang angin yang sama.

Sampai di Latondu kita makan siang di rumah sang kapten kapal, ga tanggung-tanggung

menunya adalah nasi+lobster. Gokil. dagingnya manis banget mungkin karena masih seger banget ya. Minum Es kelapa sambil santai. kurang lebih jam 2 siang kita siap siap untuk diving.

Wall Reef Latondu...

Wall yang ciamik, clear water visibility sampe 20 meter. Wall reef ini cukup dalem dasarnya gak keliatan, kita dive di kisaran 18-20 meter. Macem kita liat disini kebanyakan bahan foto untuk makro sih.

Hari ini kita 1 dive aja karena mulai start diving sekitar jam 3, jadi kita pulang ke latondu, air tawar kebetulan ada dari tampung hujan, jadi irit irit aja mandinya di jatah hehhe.

Beres kita bebersihan, kita makan ke rumah pak kapten yang tadi siang kita makan, lalu lanjut Chapsa Championship. Sekarang lebih terorganisir Pemenang Kubu Newbie masuk ke Kubu Pro, yang kalah di kubu pro masuk ke kubu newbie, Om Fadli lah yang paling berkuasa di grup newbie, kalah terus hahaha..

16 October 2015

Sea Urchin in Action

Pagi ini gak ngejar sunrise karena mager mendingan tidur ahahahahha.. Kita setelah sarapan packing siap siap naik ke kapal. Kapal dari malem udah di parkir di wall reef karena memang lautnya surut. Kita jalan kaki dari pinggir pantai ke bibir wall kurang lebih 100 meter deh. Tapi halang rintangan banyak banget. Banyak bulu babi bertebaran dan bukan hanya bulu babi yang warna hitam biasa, ada yang warna hijau jadi gak keliatan ketutup rumput laut. Yang jadi korban cukup banyak, Si rio sama Ian mungkin sampe 5x kena bulu babi. Sebenernya obatnya gampang sih, dikencingin aja. Kaki nya lho bukan bulu babinya haha..

Hari ini kita beranjak ke pulau kecil di depan Latondu. Pasir putih sangat oke kita bermain , berfoto dan bergembira.

Dari situ kita lanjut ke Tinabo. Goal Destination Kita.

Tinabo -"Little Paradise in Remote"

Tinabo pulau kecil menyimpan sejuta aksi. macem betul aja gue sejuta aksi. haha.

Lebar pulau ini kurang lebih 500meter dan panjangnya 1.5 km. Pulau ini di kelilingi pasir putih dan terumbu karang yang indah di bibir wall nya. di pasir putih ini ketika pasang, kita bisa bermain sama puluhan baby shark black-tip yang berkeliaran jinak di pantainya. bener bener keren deh pokoknya. Pulau ini ga ada penduduknya, cuma ada resort dan pos penjagaan taman nasional, resortnya cuma 1 rumah dan ngantri banget biasanya kalo gak booking gak bisa go show langsung kecuali akan nenda ya itu beda cerita, nenda disini asik banget juga kok langitnya oke.

Plan kita hari ini 2 dive spot yang terkenal di Tinabo. Ibel Orange dan Acropora Point.

Ibel Orange

Spot ini terbilang unik karena disini kita akan melihat gugusan terumbu karang yang membentuk bukit. Dasarnya kurang lebih 18 meter dan titik tertinggi nya bisa mencapai 8 meter. jadi bukit-bukitnya cukup tinggi. Disini kita bisa melihat Spons Kuping Gajah. Visibility agak jelek mungkin karena dasarnya pasir jadi partikel cepet naik. Macem-macem kita ketemu White-tip shark, Napoleon, Stingray, dan ikan ikan karang warna warni.

Selesai dari Ibel Orange, kita makan siang dan pindah ke next spot Acropora Point.

Acropora Point

Kenapa namanya Acropora Point karena mayoritas terumbu karang disini dipenuhi dengan jenis acropora. Disini kita liat berbagai macam ikan ikan kecil dan terumbu karang.

Selesai dari spot kedua kita berangkat langsung untuk ngejar sunset. Sunset kita kali ini di sponsori oleh Bunging Tinabo. Apaan tuh??. Bunging tinabo adalah spot dimana ketika surut terdapat pasir yang berkumpul membentuk sebuah pulau kecil berbentuk bulan sabit. Bahasa sininya Gusung biasanya.

Sunset on Bunging Tinabo..

Team trip kali ini emang patut diacungi jempol untuk masalah foto-foto dan effort. haha..

Kita sebelum kesini mampir dulu ke Tinabo untuk ngambil peralatan buat foto cakep kayak kasur apung buat di pantai. bawa Kursi santai pantai. bawa mejanya lengkap dengan payungnya.

Jadilah Bunging Tinabo ini seperti private beach yang super keren cakep lengkap dengan atribut foto. haha. Kita ngabisin waktuu sampe matahari terbenam dengan foto-foto video. selfie. terserah deh mau ngapain aja. semua ini dilakukan demi love di path. Fakir love. haha. Gak lupa kita foto ala-ala drone walau ga bawa drone kita modal lempar gopro ke atas. superfun.

Best day..

Balik dari bunging kita bersih-bersih mandi di resort nya tinabo, Di tinabo listrik nyala jam 6 sore sampe jam 12 malem saja karena masih pake genset. Malem nya kita udah disiapin

fine dining di pantai tinabo. Keren banget deh kita makan malem rame-rame di pinggir pantai di atas pasir di bawah bintang-bintang. sedaap.

Sayang kita cuma semalem disini, dari semua pulau dan spot paling asik itu emang disini. mantap pokoknya.

Malem ini kita habiskan waktu di meja makan ini sambil santai, cerita cerita, pasang musik, ngobrol-ngobrol dari ngobrolin pengalaman masing masing tentang traveling sampe ngomongin hantu. haha. Kita tidur jam 11an , bersiap untuk besok pagi sunrise terakhir. Huft.

17 October 2015

Pagi ini gue sama Anka bangun dari jam 5an untuk ngambil timelapse sunrise. Untung dibangunin sama Anka, kalo gak lewat gue haha..

Sunrise nya top banget cuma agak berangin memang pantai timur soalnya lagi angin timur. Kebetulan ada kapal terdampar jadilah spot sunrise nya bagus.

Hari ini Kita akan Diving sekali, dan menuju Spot Lubang Ikan. Dive terakhir kita adalah spot dive Tinanja. Setelah Sarapan kita siap siap dive di Tinanja. Spot ini kita ketemu beragam banget ikan ikan dari Stonefish sampai moray eel.

Kita 1 dive aja karena ngejar siang kita menuju Lobang ikan. Setelah diving, kita balik ke tinabo resort buat makan siang, packing dan foto foto terakhir. Sayangnya siang itu pas surut jadi si baby shark lagi gak main di pasir.

Lubang Ikan..

Setelah Packing kita langsung siap siap ke

Lubang ikan. Lubang ikan ini adanya di atoll berjarak 2 jam perjalanan menggunakan boat dari Tinabo.

Di atoll ini ada sebuah lubang berdiameter kurang lebih 1.5 meter yang dalamnya sekitar 20meter.

Bibir sumurnya berkedalaman 1.5 meter. Jadi kita bisa sambil jalan ga perlu berenang untuk mendekat ke sumur ini. Didalam sumur ini ada ratusan bahkan ribuan ikan sepertinya. Berkumpul, dan bukan satu jenis ikan tapi dari berbagai jenis ikan. Cukup Aneh memang ikan ikan berkumpul disini seperti berlindung dari predator diluar.

Bang Ronald dan Bang Acca pernah Scuba Dive di spot ini katanya pas turun ikan pun makin turun kebawah menghindar dari kita karena takut sampai akhirnya ikan-ikan itu masuk ke lubang-lubang yang ada di sisi sisi sumur. Magic.

Kita snorkeling aja disini dan memang harus tenang karena kalau tidak ikan-ikannya akan lari kedalam tidak mau keluar.

Ini adalah Spot Wisata terakhir kita. Sedih. Kita balik dari Lobang Ikan Kira Kira jam setengah 4 sore menuju Selayar. Gue lagi-lagi minum Antimo jaga-jaga. Ternyata cuaca bagus dan ombak oke ga goyang kayak pertama kita berangkat. Tapi Sayangnya mesin Kapal mati 1 jadi kita low speed menuju Selayar. Gue Tidur dari jam setengah 4, Sampe di Selayar kira kira jam 11 malem. Anjrit kebo banget haha..

Mulai kelaperan, kita langsung menuju Selayar Island Resort. Udah dijamu makan Malem, Selesai makan malem kita langsung unpack sekaligus packing karena besok jam 6 pagi kita udah bangun menuju Pelabuhan untuk nyebrang menuju Tanjung Bira. Super lelah sih perjalanan hari ini tapi sangat terbayar.

18October 2015

Jam 6 Pagi kita udah meninggalkan Selayar Island Resort. Berpisah sama Bang Acca dan Bang Ronald yang udah capek banget pasti nge-guide kita. Thanks Berat untuk Bang Acca dan Bang Ronald. Bye Selayar, Bye Takabonerate.

Kita balik Naik Ferry ke Tanjung Bira, Lalu udah dijemput sama travel untuk nganter ke Makassar. Di Makassar kita sempet makan bareng di Konro Karebosi. Lalu kita pisah karena Pesawat kita beda beda. Gue Miska Ian dan Rio jalan duluan sementara yang lain masih lama jadi pada makan pisang epe di pinggir pantai dulu.

Walau akhirnya pesawat gue delay dan ketemu mereka lagi sih di Airport haha..

Overall Great Trip !!. Ketemu dengan orang orang super seru dan super heboh, Special Thanks to our Guide yang oke Bang Acca, Fadli dan Bang Ronald.

I'll be back. I'll be definitely back.

By The Way, Check my Video on Youtube and watch it in 1080p HD !!!!!

bottom of page