top of page

Derawan---Maratua Paradise on earth!

Long Time No Sea....

Berawal dari kerinduan dan kekeringan insang gue yang udah lama gak kena aer laut, akhirnya gue berencana untuk traveling, jalan - jalan ke kepulauan derawan dengan sepupu gue sang penjelajah --Noha. Mulai cari cari tiket ternyata setelah di bandingkan Garuda Indonesia malahan lebih murah dari yang lain. Kita dapat tiket PP ~2.5 jt. Mantap lah gue pikir. Setelah menentukan tanggal, gue mulai minta cuti dari kantor dan akhirnya approved-lah jadwal cuti gue.

Kita masih bertiga dengan noha dan pacar gue si ocem. Tapi kayaknya kita butuh 1 orang lagi supaya sharing costnya enak, bagi 4 kan enak tuh. Akhirnya sepupu gw bertemu dengan Fariz seorang bolang dari forum backpacker.

Kamis, April 10 2014

Pagi yang cukup cerah dan cemerlang. Hari yang bertepatan dengan H+1 nyoblos. Kita ngumpul di terminal 3 airport Soekarno-Hatta. Kita udah ngumpul ber3, tinggal si Fariz. Dari jauh udah keliatan nih ada orang bawa bawa backpack dan tas gede banget di tenteng. ternyata si Fariz yang bawa masker dan fin sendiri. Oke cocok !. Berangkat lah kita ke balikpapan dengan pesawat berangkat pukul 11:20 WIB dan tiba 15:45 WITA. Ternyata airport Balikpapan bagus !! Perasaan dulu gak gini. Oke, karena memang penerbangan ke Berau Cuma ada 1 penerbangan kita naik pesawat yg jam 16:10 WITA yang emang termasuk dalam tiket kita.

Well Prepared... H-10 kita sudah sibuk sana sini untuk book berbagai penginapan, so pada saat hari-H kita sudah punya semua transport dan penginapan. Memang pergi gini enaknya well prepared jd ga panik pada saat di lokasi dan tidak mudah tertipu.

Tips: Kalo jalan jauh yang entah kemana, siapin duit kecil2 pecah2an supaya ga repot nuker2 duit nantinya di lokasi.

Sampai di airport berau kita sudah punya jemputan Avanza dari penginapan kita nanti di tanjung batu --Mega Buana. Cabut lah kita jam 6 sore dari tanjung redeb ke tanjung batu. Perjalanan lumayan panjang sekitar 3 jam, jalanannya bagus, sedikit bolong2 lah. Tapi yg nyetir emang sadis ngebutnya.

Oh ya, Kita udah book si transport ini PP jadi sekalian ntar pulangnya = 900rb, kita bagi 4 deh..

Mabuk darat,

Inilah kata yg menggambarkan setelah tiba kita di penginapan Mega Buana. Pusing, mana belum makan pulak. Tapi tetep hepi kok, haha. Oke kita leha leha dulu sebentar sambil ganti ganti baju dan mandi. Setelah itu kita nyari tempat makan, tanjung batu adalah kota pelabuhan, sepi tidak banyak hiruk pikuk. Dan sepertinya kita satu satunya turis disini.

Okelah kita makan di Café Pantai, Sea food restaurant. beeh debes namanya sih, tapi rasanya biasa aja dan relatif mahal. Setelah itu kita balik ke penginapan istirahat karena perjalanan hari ini panjang....

Jumat April 11 2014

Hoahm,

Agak gerah nih kamar pake kipas sih tapi tetep aja lepek. Haha. Keluar kamar udah ada sarapan Roti kelapa. Enak kok, enak banget menurut gue. ditemani segelas teh panas sembari melihat perkampungan pelabuhan tanjung batu, anak anak pada berangkat sekolah. Debes lah.

Tapi kondisi langit gelap. Waduh bahaya ini kalo badai.. kalo nanya pak Amin (CEO Mega Buana Resort) sih kalo pagi emang gini ntar juga reda jam 9an.

Oke kita telp lagi pak feri sih mandor perahu kita. Katanya memang lagi badai dia ga bisa jalan dari derawan, walhasil dia baru jalan jam setengah 9. Oke kita angsur2 lah kalau begitu dari jam 8an, check out menyelesaikan pembayaran dan jalan kaki ke dermaga. ga jauh2 amat kok 15 menit aja kalo kita sih setengah jam jalannya sambil foto foto , lumayan buat di path.

Sampai di tanjung batu, ketemu pak Feri orangnya baik. Speed boatnya emang kecil, kapasitas 4 orang lah, jadi emang kalo mau ke derawan bagusnya personilnya keliapatan 4 orang biar ga rugi2 amat karena 1 boat rata rata kapasitasnya 4 seat aja.

Unik..

Pelabuhannya unik dan bersih. Kenapa kok unik? Soalnya tempat mendaratnya dibuat dari yg puzzle mainan anak anak yg plastic gitu. inspiratif! Harusnya emang begini nih jadi asik.

Oke naik perahu kita . gak lama kemudian sampai di pulau derawan

Derawan Island

Keren sih pulau ini. Semua cottagenya menjorok ke laut. Debes lah dengan harga relatif murah bisa dapet kamar yg dari depan kamar bisa langsung loncat ke air.

Hmmmm setelah diliat karang di sekitar derawan biasa aja. Ga full coral. Kebanyakan rumput laut. Tempat makanan penyu !! Kita nginep di penginapan Reza&Dira . Highly Recommended!

oke kita unpack. Dan arrange2 itin sama pak feri si mandor boat. Tadinya rencana hari ini itu gak kemana-mana. Tapi saya bujuk2 si pak feri dan dia mau nganter kita snorkeling. Oke sip.

Setelah itu kita masuk ke kamar, mandi mandi , eh ga mandi deng orang di laut. Haha. Oke unpack dan segala macem, langsung pake baju renang. Walau belom mau renang. Anaknya ga mau rugi. haha.

LUNCH TIME !

Makan siang di mana ya, liat di forum2 dan review sih april restaurant yang enak. Ternyata memang dengan 30rb-40rb saja kita makan 1 porsi kakap. Mantap enak, bener bener beda banget sama yg kmaren malem di tanjung batu.

Abis itu kita siap siap ke coral garden dekat gusung. Disana kita snorkeling tapi gak terlalu kondusif karena ombak besar, dan kedalamannya sekitar 20 meter. Jadi ya ga jelas keliatan coralnya di dasar laut. Setelah kecapekan abis tu pak feri ngantar kita ke gusung. Nah disini nih asik. soalnya pas surut muncul lah si pulau gusung kayak pulau pasir kecil gt aja. menarik.

Turtle Snack Time

Balik ke penginapan, pas baru mau snorkeling ternyata ada penyuuu.. Yeah !

Tanpa ba-bi-bu langsung masuk ke air pake mask and snorkel. Airnya jernih. Sang penyu emang lagi pada makan sore lucu ngemilin rumput laut. Penyu ada 3 ekor, yang 2 ekor masih lincah sementara yang 1 kita panggil "si mbah". Doi udah tua jadi matanya udah rabun kayaknya sehingga dia gak lari kalo kita renang2 di deket dia. Memang berasa ya sensasinya berenang langsung dengan mbah penyu, mantap. Sempet dapet foto close up juga. Smile mbah !! :)

Setelah puas main dengan si mbah kita mandi dan bersih, siap siap untuk sunset. Kayaknya pas nih ambil video dari quadrotor. Udah capek-capek bawanya segede gaban, harus di mainin.haha. Lucu juga ada anak anak jadi pada ngumpul liat barang aneh yg satu ini. Btw video nya nonton ya di youtube atau streaming di bawah nanti.

Abis itu kita jalan ke tempat yang sama = si april restaurant buat makan malam. Cuma sekarang kita ga pesen masing masing. Kita mesen beberapa ekor ikan gede2 sama udang di total2 dan di bagi rata ya 40 rb per orang.

Makanan membeludak ! banyak banget sampe bingung ngabisinnya.. mantap deh recommended banget emang rumah makan april ini. Kita akhirnya uga mesen nasi kotak buat besok makan siang di jalan. Setelah perut kenyang karena kamar kita di samping laut persis jadi kita ngaso2 aja di depan kamar. Kebetulan bintangnya banyak banget. Jadilah foto foto sambil ngobrol ngalor ngidul.hehe

Morning Breeze

Keesokan paginya gue udah bangun dari pagi ternyata ujan lebat selebat2nya.. badai!

Waduhhh repot nih. Tapi show must go on. Tunggu-tunggu sambil sarapan. (sarapannya sama kayak kemarin, rata-rata roti isi kelapa. Enak kok) sekalian packing dan nelpon pak feri sang mandor boat, jam setengah 9an pak feri udah siap dan ujan udah reda. Cuma kearah maratua langit masih hitam jadi mikir-mikir juga mau kesana nih.

Tapi kata pak feri itu anginnya kearah lain kok jadi harusnya gapapa. Sekitar setengah 10 kita checkout dari derawan menuju maratua. Yes, kita akan snorkeling membawa semua koper dan tas tas kita.

Memang benar adanya bahwa perlahan2 udara menjadi cerah. Mantaaap.

Spot pertama kita adalah manta point. Spot manta biasanya di cari cari, tapi biasanya ga ketemu mantanya. Ya udah nothing to loose aja. Akan tetapi sang manta berkata lain, mereka udah siap ternyata menunggu kedatangan kita. Mungkin ada sekitar 15 ekor manta sedang makan pada saat itu. Mereka makanin plankton di surface jadi udah keliatan tuh sirip nya keluar2 air.. wahhh

Feeding Frenzy

Pak feri langsung mengarahkan boatnya supaya kita bisa renang ikut arus (manta makannya lawan arus . Kita renang searah arus jadi tanpa capek2 kita ikut arus ketemu manta deh). Perlu diketahui ada 2 jenis spot manta. Tempat makan manta dan Cleaning Station nya. biasanya kalo tempat makan manta pasti berarus kencang, penuh plankton dan ubur-ubur kecil. Kalo cleaning station biasanya ada sebongkah gede karang , si manta diem aja disitu parkir sambil mulutnya dibersihin sama ikan ikan kecil.

Manta is Majestic Creature. Gerakannya santai membuat yang liat jadi tenang. Kalo mau liat manta dari dekat jangan banyak gerak. Jangan banyak kecipak kecipuk. Doi takut sama kita. Ga perlu repot cukup rileks santai enjoy dia akan lewat di samping2 kita soalnya kan kita ikut arus aja. Pak feri sangat suportif dalam hal berburu manta, dia muter2 di atas sambil liatin kita dan ngasih tau mantanya lagi dimana. kalo kita kejauhan di jemput sama dia trus diturunin lagi sampe ke spot arus ke arah manta. We love you Pak Feri.

Keren banget. My first experience surrounded with more than 10 manta. Abis itu kita ke pulau sanglaki sekalian makan siang (box from april tentunya; anaknya gak bisa move on). Disana ada penangkaran penyu. Jadi telor2 penyu di ambil dan dibiar kan menetas di suatu wadah supaya tidak di makan burung dan pemangsa, kalo udah agak gede baru dilepas ke laut.

Setelah itu kita ke kakaban. Ini nih yang beken banget namanya. Disini ada stingless jelly fish. Perjalanan dari gerbang masuk pulau kakaban sekitar 15 menit jalan ke dalam, kondisi jalan sudah di beri kayu rapih membentuk tangga untuk menerobos hutan lebat. Pulau kakaban adalah pulau yang terbentuk dari karang, memang kalau diperhatikan pulau di sekitar sini semua terbentuk dari karang, contohnya pulau maratua dan kakaban.

Sampai ke dalam lalu kita disuguhkan dengan pemandangan sebuah danau yang super luas dan tenang. Memang dari atas saja sudah terlihat ubur2 yang ada di dalam air. jumlahnya ratusan tapi dengan melihat luasnya danau ini mungkin jumlahnya ribuan. Langsung saja kita berenang. Dan memang ubur2 ini tidak menyengat. Hanya saja gue emang reflek kalau ada ubur2 pasti menjauh. Jadi ya kaget2 juga kalo kesentuh tiba tiba. Haha.

Setelah asik bermain dengan ubur ubur, kita snorkeling di pulau kakaban yang ternyata terdapat wall yang keren abis, mungkin drop offnya sampe ke 40 meter. Kita snorkeling sepanjang pulau kakaban di pinggiran wall mengikuti arus dan di jemput sama pak feri di ujung pulau. Visibility super clear. Beraneka ragam ikan dan karang termasuk penyu.

MARATUA "Beautiful atol-based-Island"

Dari kakaban sekitar jam 4 sore kita langsung menuju pulau maratua, tempat kita tinggal untuk beberapa hari kedepan. Kita nginep di Nur Aini Homestay, lokasinya dipinggir pantai dekat dengan Maratua Paradise Resort. Memang bukan menghadap ke pantai justru belakang rumahnya yang menghadap ke pantai. Tempatnya cukup oke dan murah meriah, kayak kos kosan sih (walau gak semurah derawan sih). Penginapan di daerah maratua agak sulit di dapat , tidak seperti derawan. Setelah masuk kamar naro naro tas. Seperti biasa bukannya langsung mandi malah ke laut. Karena sekitaran maratua ini pasirnya putih dan airnya tenang banget jadi kayak private pool, ya udah leha leha kita sambil berendem ngeliat sunset.

Makan malam di pulau maratua rada susah , karena maratua pulau besar dan perkampungannya terpisah2, jadi cuma ada perkampungan kecil ga ada rumah makan, ada sih 1 rumah makan ayam goreng dan ikan gt, tapi pas kita ke sana katanya ikannya abis, ayamnya belom beli dan nasi pun belom di masak. Huft.

Maratua memang tidak semeriah di derawan yang banyak turis, soalnya turis di maratua biasanya nginep di maratua paradise resort yang makannya semua ditanggung. Tapi jangan salah maratua ini menyimpan puluhan spot indah.

Oke kelaparan akhirnya kita balik ke penginapan dan ternyata di tawarin makan sama pemilik penginapan .. asiiik, mayan deh .. kita sambil cerita2 dan gue bertanya tentang spot spot di maratua termasuk danau haji mangku yang menurut gue wajib banget nih spot didatengin. Dari mana gue bisa tau lokasi tersebut? Ya gara-gara nonton2 youtube jalan jalan men edisi derawan. Si jalan jalan men spotnya aneh aneh dan keren abis. Karena gue anaknya iri jadi harus ketemu sama spot tersebut termasuk secret lagoon di kakaban.

Minggu 13 april 2015

Berbekal pengetahuan minim dan keberuntungan, Pak Jahin (pemilik penginapan) mau nyewain motor orang buat kita pake dan dia mau ngajak juga main ke kerambanya. Spot pertama adalah lubang ikan. Anjir. Apaan tuh ??! haha

Jadi katanya ada satu goa yang kalo pasang dia menyatu ke laut tapi ketika surut datang,dia terpisah, nah ikan ikan ini suka terjebak ga bisa keluar dan biasanya ikannya ukuran ukuran sangat besar.. waaah ya udah lah kita pergi ke dermaga nelayan di maratua naik motor. Gue naik motor sama pak jahin. Sampe disana kita pake perahu kano yang cuma bisa duduk memanjang ke belakang yang rawan banget goyang. Uji Nyali.. Haha. Terus masuk nerobos hutan tapi sayang si lubang ikan gelap banget soalnya matahari belum tinggi jadi gak kena sinar sama sekali. Abis itu kita main ke karamba nya pak jahin ditengah laut. FYI di sekitar karamba airnya bersih banget dan bawahnya pasir aja, ya dalem sih mungkin sekitar 10 meteran. Ga tahan kan, gue dan noha langsung nyebur bodo amat. Hahahaha..

Maratua Paradise Resort.

adalah resort yang oke banget tapi emang harganya mahal (605-770rb /pax/day include 3x meal/day). Disinilah kami akan menginap 2 hari kedepan. Oke setelah dari karamba kita pulang ke kamar packing (gak mandi kebiasaan anak laut) haha langsung ngangkut barang-barang ke maratua paradise lewat tengah laut. Loh kok bisa???Berenang gt??.

Kondisi kebetulan surut banget jadilah tempat kita berenang pas sunset kemarin yang tadinya dalemnya se-dada, sekarang kering kerontang udah kayak padang pasir. Haha surutnya jauuuh sekali ditengah laut jadi bibir pantai bergeser sangat jauh. Okelah kita jalan ditengah laut.haha

Sampai di maratua paradise, resort ini ada 2 tipe (water villa dan Beach Villa) Water villa 770rb tidurnya diatas aer dan beach villa 605rb. Kita tadinya pilih water villa! tapi sayang udah penuh di book group diver bule jadilah kita ke beachvilla. Tetep keren kok haha. Makan siang kita di paradise maratua. Makanannya enak full service deh. Restoran 24 jam buka kalo mau sekedar iseng bikin roti, pisang goreng teh panas bisa anytime. Debes.

Abis makan kita udah janjian sama pak jahin mau ke danau haji mangku, karena ternyata ada anak anak setempat yang tau jalan kesana. Sip.

Haji mangku lake !

Haji mangku lake adalah sebuah goa vertical yang terisi oleh air laut. Kedalamannya danaunya sekitar 50 meter. Dan sangat sangat jernih. Kalau kita kesini siang keliatan ray of lightnya.

Jam 2 siang sampai kita ke danau haji mangku menggunakan mobil pickup. Berenti di suatu tempat lalu kita nyusurin pantai yg surut jalan sekitar setengah jam sampe ke suatu titik dimana kita harus masuk ke dalam hutan pinggir pantai dan ketemu lah si danau haji mangku ini. Mula mula sih agak serem, tapi pas kena airnya, langsung nyemplung aja. Airnya dingin, karena si air ini jarang kena sinar matahari soalnya atasnya tertutup hutan rimbun, keren banget lah.haha

Seat back and relax.

Di maratua paradise kita 2 malam. jadi emang kita udah siapin jadwal yang cuma santai di pinggir pantai resort menikmati laut.

Setelah kita balik dari haji mangku kita langsung ke resort mandi2 rapih cakep siap siap buat makan malem. Ternyata orang Indonesia cuma 2 grup , grup kita sama 1 grup lagi sekerluarga. Sisanya bule semua. Makan malem terus santai di balkon dermaga privatenya Maratua Paradise. Ngobrol2 lalu istirahat.

LAST day on MARATUA

Hari ini adalah hari terakhir kita di Maratua. Kita udah persiapkan sama pak feri untuk hari ini nyari secret lagoon di kakaban. Sekalian kita ke turtle traffic (dive spot) mumpung surut jadi kedalaman cuma 8an meter. Jadi snorkeling aja keliatan kok. Memang sesuai namanya banyak banget penyu berkeliaran disini. Asli. Setelah snorkeling kita langsung nyoba nyusurin pantai pulau kakaban pake boat mencari secret lagoon .

Kenapa sih namanya secret lagoon? Karena pada saat pasang pintu masuk nya terendam air. Pintu masuknya Cuma setenggi kurang lebih 1 meter. Jadi kita harus sambil jongkok2 masuknya. Kondisi siang ini masih surut jadi kita cari lah goa yg Cuma 1 meter tingginya. Dan ketemu. Kalo liat gambar sebelah ini, pintu masuk goanya itu yg ada keliatan putih2 cahaya di kolong karang!

Parkir lah kita, gue ambil kayu panjang soalnya takutnya ada binatang yg lagi tidur di dalam goa. Kondisi goa nya bisa kita masukin dengan air se matakaki (keliatannya).

Gue bawa kayu sekalian ngetes kedaleman soalnya ga ada yg pernah lewat sini. Pak feri aja yang orang sini gak tau.

Coba coba di tes, paling dalem se lutut okelah gelap gulita masuk lah kita ke goa itu beriring2an. Memang bener bener rahasia ya sampai di sisi sebelah dalamnya hamparan pasir luas dan ada air kayak private pool.

Kakaban Wall (Again?)

Setelah dari sana gue mengidekan gimana kalo kita snorkeling lagi di kakaban wall soalnya emang itulah spot terbaik snorkeling. Eh pada mau. Haha ya udah kita ulang snorkeling kakaban wall, tracknya sama ngikutin arus. Memang ga pernah bosen2nya ya nontonin dunia bawah air.

Setelah itu kita balik ke maratua resort dan bersih2. Istirahat. Santai sambil makan pisang goreng dan roti yang akhirnya buat ngasih makan ikan sekitar dermaga.haha. Ikannya banyak banget. Lanjut sampe malam santai-santai sambil merenung bersedih karena besok harus pulang. halah.

Back to Reality.

Ini momen yang paling gw hindari dikala liburan, back to reality kenapa sih harus balik pulang? kenapa sih ga bisa disini aja?

Setelah sarapan kita packing dan pulang ke tanjung batu sekitar jam 08:00 karena kita harus ngejar flight dari berau jam 17:00, oke lah kita balik sama pak feri dan udah ada yang jemput (mobil yang kita pakai dari bandara ke tanjung batu, soalnya kita udah book PP), berat meninggalkan Derawan khususnya Maratua. Kadang mikir memang liburan itu sangat2 menyegarkan pikiran walau itu harganya bisa dibilang tidak murah tapi gw selalu inget satu quote :

Take Vacations --Go as many places as you can,

You can always make money--but you can’t always make memories.

Oh ya silahkan dilihat video derawan gue berikut.

Total Budget (per Person) *

Kamis, April 10 2014

Penerbangan Jakarta BPN Berau PP .........................................................................Rp.2,500,000

Rental mobil (Tg. Redeb - Tg. Batu)PP............................................................................Rp.225,000

Mega Buana Homestay (1 room 2 person)........................................................................Rp.60,000

Jumat, April 11 2014

Speedboat ke Pulau Derawan...............................................................................................Rp. 75,000

Dira & Reza Water Villas (1 room 2 person).................................................................Rp. 150,000

Sabtu, April 12 2014

Speed boat untuk jalan jalan kakaban maratua sanglaki ...........................................Rp. 375,000

Tiket masuk danau ubur-ubur Kakaban ..........................................................................Rp. 20,000

Nur Aini homestay Maratua (1 room 2 person) .............................................................Rp. 175,000

Minggu, April 13 2014

Lubang Ikan dan keramba (Longboat, Speedboat, Motor) .........................................Rp. 50,000

Maratua Paradise Resort (2 night /pax) ......................................................................Rp. 1,210,000

Menyewa mobil pick-up untuk ke danau haji mangku .................................................Rp. 75,000

Senin, April 14 2014

Turtle Traffic, Secret Lagoon, Kakaban speedboat ......................................................Rp. 150,000

Selasa, April 15 2014

Maratua - Tg. Batu speedboat .........................................................................................Rp. 300,000

Innova sudah dibayar dari datang........................................................................................ -